Kelompok Tani Sumber Hasil Desa Lerep Maju Lomba Wana Lestari


Rapat pembahasan dan pengecekan berkas administrasi lomba Wana Lestari Jateng 2024 dilakukan di Embung Sebligo Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Dalam kegiatan itu, Kelompok Tani Sumber Hasil Desa Lerep maju mengikuti lomba Wana Lestari. ()

NGARAN - Kelompok Tani (KT) Sumber Hasil Desa Lerep, Ungaran Barat, mengikuti lomba Wana Lestari 2024 tingkat Jateng. KT Sumber Hasil yang memiliki sejumlah produk unggulan berbahan kopi, daun kopi, susu sapi, singkong, dan bunga telang itu, masuk kategori lomba Kelompok Tani Hutan (KTH) yang mewakili Cabang Dinas Kehutanan Wilayah III meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Boyolali. Kegiatan lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jawa Tengah.

''Wana Lestari yang kita lombakan saat ini pada tingkat provinsi yang diambil enam besar di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Terbaik pertama akan maju mewakili Jateng di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2024, penilaian pada April-Juli 2024,'' kata Chandra Puspita Sari selaku anggota tim dari DLHK Jateng, saat berkunjung ke Desa Lerep, belum lama ini.

Dijelaskan, ada tiga kategori yang dilombakan dalam Wana Lestari yakni Penyuluh Kehutanan PNS, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), dan Kelompok Tani Hutan (KTH).

Dikatakan, Lomba Wana Lestari adalah salah satu metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menetapkan perorangan, kelompok atau aparatur pemerintah yang berprestasi dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan melalui mekanisme penilaian tertentu.

''Lomba ini dimaksudkan memberikan apresiasi kepada masyarakat baik perorangan, kelompok atau badan usaha yang aktif dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan. Kedua, menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan dan hutan,'' jelas Chandra. 

Adapun tujuan lomba Wana Lestari, lanjut dia, untuk meningkatkan antusiasme, motivasi, dan peran serta masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup dan kehutanan.

Penilaian berkas lomba dilakukan pada 5-6 Maret 2024 oleh tim penilai. Pengumuman hasil seleksi berkas lomba pada 20 Maret 2024. Selanjutnya pada Kamis-Jumat, 25-26 April, dan Senin 29 April 2024 dilakukan penilaian lapangan kategori Kelompok Tani Hutan.

''Pengumuman pemenang lomba Wana Lestari tingkat Jateng 2024 akan dilakukan Senin 13 Mei 2024. Adapun pemberian penghargaan pemenang lomba dan apresiasi Wana Lestari akan berlangsung pada Senin 19 Agustus 2024,'' tutur Chandra. ()